Yuk, Nikmati Pesona Kebun Bunga Matahari di Maluku

Selasa, 26 Maret 2019 - 15:11 WIB
Yuk, Nikmati Pesona Kebun Bunga Matahari di Maluku
Yuk, Nikmati Pesona Kebun Bunga Matahari di Maluku
A A A
MALUKU - Belakangan ini, destinasi wisata serba bunga tengah hit di berbagai wilayah Indonesia. Sebut saja Bandung dan Yogyakarta. Keduanya laris manis dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Kini, destinasi serupa juga dapat ditemui di Sunflower Garden Telko di Maluku.

Sunflower Garden Telko merupakan kebun bunga matahari pertama dan destinasi wisata baru di Kota Maluku. Dikutip Travelingyuk, selain merupakan yang pertama, kebun bunga matahari ini cukup unik karena ditanam di lahan tandus. Disebutkan bahwa lahan tersebut merupakan bekas tanah kritis yang nyaris tidak bisa ditanami lagi.

Dahulu, lahan yang digunakan ini merupakan bekas kebun tanaman holtikultura dengan sistem pemupukan kimia. Residu dari zat kimia tersebut tertinggal di tanah dan membuatnya tidak layak digunakan untuk bercocok tanam.

Namun, di tangan Nasarudin Taher, lahan itu kini menjadi berdaya guna. Lahan seluas 2.500 meter persegi tersebut kini ditumbuhi lebih dari 1.000 tangkai bunga matahari. Diakui Nasarudin, menanam bunga matahari terbilang gampang-gampang susah. (Baca juga: Keindahan Gunung Pelangi di Peru Jadi Buruan Pecinta Selfie ).

Petani organik itu bahkan sempat gagal dalam percobaannya. Untuk menanam 1.000 lebih bunga matahari, Nasarudin dibantu remaja masjid di sekitar lokasi, sehingga boleh dikatakan bahwa kebun bunga ini merupakan swadaya masyarakat setempat.

Sunflower Garden Telko sendiri baru dibuka untuk umum pada 1 Maret 2019. Lokasinya terletak di Telaga Kodok, Desa Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Untuk sampai lokasi, wisatawan harus berjalan melewati area kebun warga dan lapangan terlebih dahulu. Walau begitu, kebun bunga ini tidak sulit ditemukan.

Sementara, untuk harga tiket masuk cukup terjangkau, yakni Rp5 ribu saat weekday dan Rp10 ribu saat weekend. Kebun bunga matahari ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 18.00 WIT.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4747 seconds (0.1#10.140)